Rumah Sakit Bhayangkara Kini layani Pemasangan Cincin Jantung

MAKASSAR,MEDIATA.id—Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Makassar di Jl Mapaoddang, kini bisa melayani pemasangan cincin jantung dan cuci darah atau yang disebut dengan Kateterisasi.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) RS Bhayangkara, Kombes Pol dr Farid mengatakan, kateterisasi adalah sarana diagnostik juga sekaligus sarana terapi bagi penderita penyakit jantung corner. Tindakannya adalah bagi pasien sumbatan jantung yang sudah mempengaruhi aktivitas sehari-hari pasien.

“Karena itu berat sehingga perlu dipasangi cincin. Jadi kita laksanakan kateterisasi dilanjutkan dengan pasangan cincin dan itu sudah dilaksanakan di RS Bhayangkara ini, ” kata Farid, Senin (11/3/19).

Menurut dr Farid, alatnya lumayan mahal dan untuk investasi harganya sekitar Rp 100 miliar. Tetapi kerja sama dengan operasional. Selain itu juga bisa digunakan untuk otak.

“Diharapkan bisa melayani pemegang kartu BPJS. Mengenai tindak lanjut itu, BPJS pusat yang punya kewenangan untuk melaksanakan persetujuan, ” ucap Farid.

Farid menjelaskan, biayanya pun tergatung penderita pasien. Sehingga kalau tidak di cover oleh BPJS, biayanya lumayan besar. Namun, alat itu bukan hanya ada di RS Bhayangkara, melainkan ada di rumah sakit lain.

“RS Wahidin, Awal Bross, Siloam dan terakhir RS Bhayangkara. Akan tetapi, baru tiga rumah sakit yang melayani BPJS. Untuk RS Bhayangkara belum ada persetujuan dari BPJS, ” jelasnya.(***)

Leave a Reply