Usai Sidang Vonis Bebas ,Puluhan Rekan dan Keluarga Zugito Meneteskan Air Mata Atas Kegembiraanya

MAKASSAR, MEDIATA.id — Sidang lanjutan dengan agenda putusan atau vonis terhadap terdakwa mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel, Zulkifli Gani Ottoh (Zugito), digelar di Pengadilan Negeri Makassar, Kamis (1/7/19).

Sidang yang dipimpin oleh Majelis Hakim, Widirso dan dua anggotanya membacakan materi putusan atau vonis tersebut secara bergantian. Dalam putusan tersebut, tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), dinilai tidak terbukti.

Majelis hakim berpendapat, merujuk dari kasus sebelumnya tindak pidana yang dilakukan terdakwa tidak bisa dibuktikan. Hal itu berdasarkan bukti dan fakta-fakta yang ada.

Dimana aset Pemprov Sulsel berupa gedung yang dipersewakan terdakwa yakni terletak di Jl AP Pettarani No 31 Makassar, itu disepakati oleh pemilik lahan yakni Pemprov Sulsel.

“Menimbang unsur pokok ketentuan pasal 31 ayat 3 UU No 31 tahun 1999 yang telah diubah UU No 20 2001 adalah menyalahgunakan wewenang atau kedudukan, maka majelis hakim mempertimbangkan tuntutan dan dakwan tersebut, ” kata Majelis Hakim.

Setelah mempertimbangkan dakwaan unsur melawan hukum yang didakwaan terhadap terdakwa, maka majelis hakim berkesimpulan unsur tersebut tidak terbukti.

“Pasal subsider dan primer yang didakwakan terhadap terdakwa, majelis hakim berpendapat tidak terbukti sah dan meyakinkan. Sehingga terdakwa harus dibebaskan, ” tegas Ketua Majelis Hakim, Widiarso.

Terpisah, Kuasa Hukum Zugito, Faisal Silenang menjelaskan, mengingat rasa keadalian dan kebenaran jika majelis hakim konsisten pada aturan hukum, tentu akan memutuskan seperti itu.

“Itu kita bisa lihat oada hari ini (kemarin red). Bahwa adalah wajar dan tepat dan berdasar hukum ketika hakim mengatakan membebaskan Zugito, ” jelas Faisal usai sidang putusan.

Karena lanjut Faisal, berdasarkan bukti-bukti surat dan bukti dalam persidangan memang seperti itu. Sehingga tidak ada alasan lain dan hal tersebut merupakan hal yang biasa, sepanjang itu berdasarkan keadilan dan kebenaran.

“Yang tidak wajar itu dan sangat luar biasa ketika bertentangan dengan yang itu tadi. Karena fakta-fakta persidangan terdakwa harus bebas, ” tutupnya.

Berdasarkan pantauan Upeks, usai sidang vonis bebas tersebut, Zugito langsung sujud syukur di ruang persidangan. Puluhan rekan dan keluarga Zugito, meneteskan air mata atas kegembiraannya.

Sebelumnya, JPU menuntut terdakwa enam tahun enam bulan karena menilai terdakwa terbukti melanggar pasal 3 junto pasal 18 tentang tindak pidana korupsi. (**)

Leave a Reply