Makassar Masih Kekurangan CCTV

 MAKASSAR,MEDIATA.id– Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Makassar, Ismail Hajiali menyebut, Closed-Circuit Television (CCTV) yang dimiliki Pemkot Makassar masih jauh dari kata cukup.

Meski tak menyebut secara rinci, Ismail mengatakan Kota Makassar membutuhkan sekitar 3.000 CCTV namun baru sekitar 500an yang tersedia.

“Kota ini butuh 3.000 kalau dari aspek jumlah,” kata Ismail, Rabu (11/9/2019).

Ia pun berharap adanya penambahan jumlah CCTV dari partisipasi masyarakat. Pasalnya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) hanya mengcover sekitar 155 CCTV.

Merujuk pada peraturan Wali Kota Makassar Nomor 4 Tahun 2007 menyebut bahwa bangunan gedung wajib menyediakan dan memasang CCTV yang terintegrasi dengan sistim informasi pemerintah daerah.

“Tapi bukan 3.000 itu kita harapkan dari APBD yang mengadakan tapi bagaimana partisipasi masyarakat berdasarkan peraturan Wali Kota Nomor 4 Tahun 2017 tentang kewajiban setiap yang melakukan pembangunan untuk sharing dua CCTV dan dua lampu jalan,” terang Ismail.

“Kalau yang lewat APBD itu kurang lebih 155. Total keseluruhan itu kurang lebih 500 lah. Selisihnya itu sumbangan masyarakat, bukan kita yang adakan,” pungkasnya.(int)


Leave a Reply