Cegah Covid – 19, Dinkes Selayar dan Dinkes Sulsel Kompak Kampanye Germas

SELAYAR, MEDIATA.ID– Cegah Covid – 19, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar bersama Dinas Kesehatan (Diskes), Provinsi Sulawesi Selatan terus mengintensifkan kampanye tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Hal ini dilakukan guna mendukung upaya pencegahan Covid – 19.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Diskes Sulsel, Husni Thamrin, mengatakan bahwa Germas menjadi sangat penting pada masa pandemi Covid -19 seperti sekarang.

“Ini sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran Covid – 19, sehingga saya mengajak kita semua mencegah penyebaran Covid – 19 dengan menerapkan 3 M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan ” kata Husni Tamrin, di Selayar, Sabtu (17/10/2020).

Dia menjelaskan gerakan hidup sehat yang dimaksud, antara lain menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan, rajin cuci tangan, menjaga ketersediaan air bersih, makan sayur yang cukup guna menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, olahraga dan tidur yang cukup, menjauhkan anak-anak dari rokok, pemerintah teratur dan lain sebagainya.

Langkah tersebut, menurut dia, dapat berdampak luar biasa bagi kesehatan keluarga dalam jangka panjang termasuk juga dalam rangka mencegah Covid – 19.

“Dengan melakukan langkah tersebut berarti kita juga telah membantu pemerintah dalam membangun kualitas hidup manusia yang sehat mendukung upaya mencegah Covid – 19 sebagai bagian dari adaptasi kebiasaan baru,” jelas Husni Tamrin.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Kepulauan Selayar, Marjani Sultan, juga meminta warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid – 19.

“Kami tidak bosan dan terus menghimbau warga, agar disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam rangka adaptasi kebiasaan baru,” katanya, Marjani Sultan.

Dia mengatakan hal itu diperlukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid – 19 di wilayah setempat.

“Masyarakat bisa tetap produktif dan beraktivitas namun tetap mengedepankan protokol kesehatan agar tetap aman dari kemungkinan paparan virus,” katanya.

Terpisah, Kasie Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Sulsel, drg. Burhanuddin, mengatakan kampanye Germas, dilaksanakan secara serentak di Dinas Kesehatan dan Puskesmas.

Kegiatan ini, diikuti 300 peserta yang pelaksanaannya terpusat di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar. Selain itu kampanye Germas disiarkan secara live streaming di youtube.

“Kampanye Germas kali ini adalah cek kesehatan, senam Germas serta makan buah dan sayur yang dilakukan di 5 titik yaitu 1 titik di Dinkes Kabupaten Kepulauan Selayar dan 4 titik di puskesmas, dilakukan secara serentakā€ tutupnya. (**).

Leave a Reply